content berkualitas, bertrafik tinggi


Content berkualitas tentu bisa menjadi daya jual sebuah blog. Sehingga tidak jarang, blog yang memiliki content berkualitas, akan bertrafik tinggi. Tentu kualitas seperti apa yang menjadi parameter setiap orang berbeda-beda. Ada kualitas yang diukur dari seberapa besar komentar yang dia terima, ada kualitas yang diukur dari tulisan yang mengandung kontroversi, ada juga kualitas yang hanya mengandalkan trafik pengunjung yang tinggi.

Lalu bagaimana caranya membuat content berkualitas, sehingga bertrafik tinggi ?!?

Sebelum menjawab itu, ada baiknya kita harus bertanya dulu, buat apa kita membuat content berkualitas ?!?, sedangkan efek dari content berkualitas, tergantung dari tujuan buat apa kita membuat content berkualitas tersebut, bisa jadi akan bertrafik tinggi atau seperti apa ?!?

Nah dari situlah pilihan kembali kepada sang blogger sendiri. Mau apa dengan content berkualitas ?!?.

Namun, karena content di blog ini masih jauh dari berkualitas, saya cuma memberi indikasi seperti apa content berkualitas itu, antara lain :

  1. Penggunaan SEO dengan keyword yang sesuai dengan apa yang diinginkan pengunjung. Artinya dengan memanfaatkan SEO, keyword yang dipakai bukan cuma menjebak pengunjung saja, namun pengunjung dapat menemukan yang dia cari dari keyword yang dia temukan, yakni dengan menulis content yang sesuai dengan keyword yang di optimasikan. Seperti kontes SEO Stop Dreaming Start Action, yang merupakan kontes SEO dalam mengoptimasi keyword, namun kualitas tulisan dijaga, sehingga harus sesuai tema.
  2. Average time page views user yang lebih lama. Dengan memanfaatkan fasilitas statistik yang ada untuk melihat berapa lama seh seorang pengunjung betah membaca tulisan kita. Dengan membaca itu, kita bisa memprediksi 2 hal : Yang pertama, apakah pengunjung hanya datang karena tersesat, sehingga hanya sekilas saja (average dibawah 2 menit). Yang kedua, apakah pengunjung merasa nyaman dengan tulisan kita, sehingga mau berlama-lama (average timenya sekitar 3-4 menit). Sehingga membuktikan content kita berkualitas.
  3. Memberikan manfaat pengetahuan yang menarik bagi pengunjung yang datang, sehingga banyak pengunjung yang loyal. Artinya kita bisa juga membaca bisa dari loyalitas yang berkunjung ke blog kita. Semakin banyak pengunjung yang kembali, artinya semakin banyak yang datang tidak hanya sekali, maka menunjukkan kualitas content.

Yups…. ini hanya ukuran yang saya berikan dalam melihat content berkualitas. Dengan melihat statistik seperti itu bisa menjadi indikasi dalam menilai apakah content kita berkualitas.

Dari mana lihat statistiknya ?!? bisa dari Histat, atau google analitycs atau fasilitas gratisan lainnya.

So, dengan content berkualitas, kita bisa menyetir efek seperti apa yang kita inginkan dari blog kita. Apakah bisa menaikkan trafik blog !??! apakah bisa memberikan perubahan pada opini publik ?!? ataukah efek lainnya dari content berkualitas yang kita tulis ?!?

Semoga tulisan ini merupakan content yang berkualitas, dan bertrafik tinggi ( seperti content tentang USM STAN kemarin 😀 ).

Previous Pendaftaran USM STAN, website overload
Next Karakter Pengunjung, buat optimasi blog

About author

afwan auliyar
afwan auliyar 178 posts

Menggeluti dunia SEO sejak 2009 & internet marketing khusus nya FB ads, menjadikan tehnik untuk mengoptimasi trafik yang masuk ke website semakin lengkap. Sehingga, untuk meningkatkan trafik 1000 kunjungan per hari bukanlah hal yang mustahil.

View all posts by this author →

You might also like

All In SEO 41 Comments

Kelebihan long-tail keyword dalam marketing online

Setiap website pastilah memiliki konten yang bisa dijadikan informasi-informasi yang akan disajikan kepada pengunjung. Tentu saja setiap website memiliki tujuan yang berbeda dalam memberikan informasi tersebut. Dengan informasi tersebut, website

All In SEO 29 Comments

tips optimasi panjang keyword untuk SEO

Keyword merupakan elemen utama dalam SEO. Sehingga dibutuhkan semacam keyword research dalam menentukan keyword yang tepat dan sesuai. Termasuk dalam menentukan keyword adalah seberapa panjang keyword yang akan di optimasi.

All In SEO 56 Comments

tips mencari backlink dari situs-situs Google

Backlink begitu penting untuk meningkatkan popularitas dari sebuah website. Dengan backlink yang berkualitas, maka website pun akan dipandang berkualitas dimata search engine . Hal itu juga akan mendukung jika backlink

56 Comments

  1. zee
    July 03, 07:57 Reply

    Kalau saya jarang ya menggunakan keyword, soalnya banyak sekali blog yg contentnya suka gak nyambung sama keyword. Ujung2nya cuma dibuka, dibaca cepat, trs close! Setuju bila keyword emg ada hubungannya dgn konten. Membuat postingan yg bisa buat orang datang lagi emg gak gampang yaa….. susah bo’ hueheuhee…

  2. hanif
    July 03, 14:46 Reply

    Begitu ya caranya, ternyata banyak yang harus kuperhatikan

  3. mangshanny
    July 03, 15:30 Reply

    betul…betul…. tapi terkadang tuk bikin conten yang berkualitas itu sulit, karena itu biarkanlah semua mengalir apaadanya, tanpa harus kita pikirkan dulu apa ini benar ato salah, apa ada yang baca ato tidak, apa ada yg kasih komen ato tidak, yang penting mari berkarya dulu lewat blog, soal isi nanti akan mengikuti sendiri setelah mengetahui lebh dalam lagi…. bukan begitu pa dosen?…. heheheheh awas yah titip siswi yg cantik tuk di add di http://facebook.com/shannyratman….. sip…..

    • afwan auliyar
      July 03, 16:21 Reply

      wah …. d panggil pa dosen …. emang muka saya dah pantes jd dosen yak pak !?!? 😀
      tp nggak tau lho pak klo daunnya kemudaan !??!

  4. JONK
    July 04, 01:09 Reply

    wuahhh, tekniknya udah keren nih 😀

    moga sukses setiap rencananya deh mas … 🙂

  5. luthfie fadhillah
    July 04, 14:35 Reply

    waduh cari content yg berkualitas gmn see
    ajarin dong mass
    😀

    ==========================
    oya keh ikutan addlink nda
    mo dong…

    cuma kasih tau … klo webnya susah saya addlink loh..

    terima kasih atas ifona

  6. Fariskhi
    July 04, 18:37 Reply

    Kalau konten berkualitas itu kan tergantung pembacanya juga…

  7. wi3nd
    July 06, 14:20 Reply

    umm jadi mikir,uda nuLis yan9 berkuaLitas belUm ya?
    ada ju9a seeh beberaPa yan9 berkuaLitas menuruTku seeh hehehhe

    heemm ten9kYu ya wan .. 🙂

  8. tentangrifai
    July 06, 22:04 Reply

    huruf tebal” dalam artikel mas afwan ini termasuk metode SEO yaa..?!

  9. Hamzah
    July 10, 04:58 Reply

    Content berkualitas dan informatif bisa mendapatkan juga backlink

  10. raDja
    July 31, 23:27 Reply

    iya, sekarang ada degradasi pemaknaan konten. konten telah dimanipulasi sekadar alat untuk memaksimalkan monetisazi blog. pdhal substansi org melongok ke blog kita kan buat cari informasi (kata kunci yg di search-x di google).
    bahkan kerap kita temui artikel copas, dimodifikasi dgn seabrek kata kunci (supaya SEO friendly), penuh kata2 yg berupa link (seperti ranjau kalau terinjak), bahasa tdk nyambung karena dipaksakan mengarah ke link afiliasi mereka, dan setelah membaca kita merasa menyesal telah membaca isi blog tersebut…:’)
    salam kenal, artikel anda diatas ssetidaknya bisa mengembalikan para blogger yg terlalu bernafsu mencari uang dr blogx, agar kembali ketujuan semual kita bikin blog, yaitu memberi informasi bg setiap pengguna internet..
    jayalah Bloger dan Konten berkualitas !!!!!

  11. Ibukerte
    November 02, 20:45 Reply

    Setuju banget…ya mungkin sebagai alat bantuan aja kali yach….ga terlalu terpacu dengan keyword-keyword-an. Kecuali kalau untuk blog bisnis sich kayaknya memang lumrah aja cari-cari yang lagi ngetrend apa.

  12. Anuh
    April 04, 04:07 Reply

    Nice share mas afwan…ane masih belajar…..

Leave a Reply