Smartphone merupakan jenis handphone yang sekarang ini digunakan oleh banyak orang. Ada banyak jenis smartphone yang bisa dipilih berdasarkan sistem yang dimiliki, apakah menggunakan iOS, android yang umum digunakan banyak merek smartphone, dan juga ada windows yang digunakan oleh beberapa merek handphone. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, pemiliknya sendiri harus selalu menjaga smartphone nya agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Salah satu dengan menjaga baterai handphone agar tetap awet digunakan. Ada banyak tips info smartphone mengenai cara merawat baterai terutama agar tidak menggelembung.

Baterai smartphone yang menggelembung dapat membuat fungsi handphone akan menurun. Dimana nantinya smartphone tersebut akan mudah sekali habis baterai padahal baru saja diisi. Dimana orang-orang menyebutnya sebagai baterai yang drop. Apabila Anda mempunyai smartphone seperti itu, sebaiknya periksa baterai yang ada di dalamnya karena kemungkinan besar karena baterai yang telah menggelembung sehingga menyebabkan kerja smartphone tidak maksimal. Apabila hal tersebut satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti baterai tersebut. Dimana untuk harga baterai sendiri cukup mahal yaitu dari 50 hingga 100 ribu rupiah.

Oleh karena itulah apabila tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk baterai, sebaiknya Anda lebih rajin untuk melakukan pencegahan agar baterai smartphone tidak mudah menggelembung dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Tidak mengecharge handphone semalaman.
    Salah satu penyebab baterai mudah sekali menggelembung adalah karena banyak orang yang mengisi daya handphone ini ketika akan tidur. Meninggalkan handphone mengecas semalaman memang akan lebih mudah karena besok paginya ketika bangun baterai akan terisi penuh. Tetapi apabila hal tersebut dilakukan secara terus menerus maka dapat berbahaya karena dapat merusak baterai dan membuatnya akan mudah menggelembung. Oleh karena itulah sebaiknya jangan meninggalkan baterai mengecas semalaman.
  2. Tidak memainkan handphone saat dicharge.
    Penyebab kedua mengapa baterai handphone cepat menggelembung adalah kebiasaan di masyarakat yang tidak bisa meninggalkan handhponenya barang sebentar walaupun sedang mengisi baterai. Kebiasaan memainkan handphone saat sedang mengecharge tersebut akan membuat baterai lama mengisinya dan apabila dilakukan secara terus menerus akan membuat baterai handphone tidak awet. Oleh sebab itu sebaiknya diamkan handphone ketika sedang diisi ulang dayanya sampai penuh baru digunakan kembali.
  3. Tidak mengisi daya baterai dari laptop
    Hal ketiga yang harus dihindari adalah mengisi daya baterai dari laptop. Mengisi daya baterai dari laptop mungkin banyak dilakukan oleh masyarakat ketika laptopnya sedang menyala sehingga akan lebih efisien. Tetapi hal tersebut sebenarnya tidak baik karena akan menyebabkan baterai lama untuk mengisinya. Dan juga akan membuat baterai mudah menggelembung karena pengisian tersebut dicabut sebelum penuh ketika laptop dinyalakan. Hal itulah yang menyebabkan baterai akan mudah rusak dan tidak awet menurut info smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post Navigation