optimasi blog dengan cache


Optimasi Blog dengan cacheOptimasi blog selalu berhubungan dengan performansi blog itu sendiri. Tidak jarang para pengguna blog yang menginginkan blognya teroptimasi dengan baik. Terutama dalam hal kecepatan akses. Dan itu tidak dipungkiri dengan semakin cepat akses blog kita, maka akan semakin baik dimata user. Salah satu cara mengakali untuk optimasi kecepatan akses blog adalah dengan cache.

Cache ibaratnya adalah halaman statis yang diciptakan oleh blog, dimana hala tersebut bakal sering diakses oleh user. Contoh ketika pengungjung user masuk kehalaman x.html dari sebuah blog, maka blog tersebut akan menerjemahkan beberapa query ke database baru kemudian hasilnya ditampilkan ke pengguna. Hal tersebut akan memakan waktu yang cukup lama. Dengan cache setiap halaman yang dicari, query tersebut tidak usah menuju ke database namun cukup ditampilkan hasil cachenya saja.  Hal itu akan mengoptimasikan blog anda dan mempercepat kinerja sekaligus mengurangi beban di server.

Beberapa plugin yang powerful untuk optimasi blog denga cache adalah :

  1. WP Super Cache
  2. DB Cache Reloaded
  3. AskApache Crazy Cache

Menggunakan plugin seperti WP Super Cache akan menyimpan output dari permintaan pengunjung blog sebagai file HTML statis dan ketika halaman tersebut diakses lagi, server tidak perlu menterjemahkan kode PHP dan melakukan query database lagi, hanya perlu menampilkan file HTML statis yang telah di-cache sebelumnya. Sehingga blog akan lebih optimal terutaman dalam hal kecepatan akses.

Sedangkan DB Cache Reloaded membantu meningkatkan kinerja blog WordPress dengan melakukan optimasi query MySql yang dilakukan oleh WP Super Cache. Jadi DB Cache Reloaded bertugas membantu dan mempercepat WP Super Cache menghasilkan halaman HTML statis.  Dan AskApache Crazy Cache akan bertugas untuk memastikan ketersediaan cache sehingga ketika pengunjung mengakses blog, cahce tersebut telah tersedia. Tentu plugin-plugin yang ini akan optimal jika bergabung dengan WP super cache.

Sehingga optimasi blog dengan cache akan sangat membantu dalam hal memepercepat akses blog. Namun disisi lain user akan melihat blog tersebut akan statis, sehingga perlu disetting agar cache yang dibuat tidak terlalu lama. Normalnya adalah 5-10 menit waktu yang dipakai untuk cache jika blog tersebut cukup update.

Previous 5 strategi jitu menentukan keyword untuk SEO
Next download ebook SEO gratis menaklukkan posisi 1 google

About author

afwan auliyar
afwan auliyar 178 posts

Menggeluti dunia SEO sejak 2009 & internet marketing khusus nya FB ads, menjadikan tehnik untuk mengoptimasi trafik yang masuk ke website semakin lengkap. Sehingga, untuk meningkatkan trafik 1000 kunjungan per hari bukanlah hal yang mustahil.

View all posts by this author →

You might also like

About Wordpress 33 Comments

Pengecoh link sumber, menjadikan link lebih menarik

Sebagai seorang blogger, tentu memiliki tata krama dalam mencatut berbagai link sumber referensi, baik itu sebagai link download, referensi berita, software, plugin wordpress maupun link-link lainnya. Tentu adanya keinginan yang

About Wordpress 74 Comments

Plugin WordPress yang berbahaya

Pengguna plugin wordpress, tentunya sangat dimanjakan akan kemudahannya. Namun ternyata tidak semua plugin wordpress aman kita pakai dalam meningkatkan sesuatu di blog kita. Artinya bisa jadi dengan menambahkan plugin wordpress

About Wordpress 124 Comments

Tips optimasi Ping, mempercepat index google

Pernah dengar istilah ping ?!. Dalam trik gila menaikkan 1000 pengunjung lebih per hari, sedikit dibahas mengenai optimasi autopinger untuk mempercepat kinerja trik tersebut. Untuk optimasi ping sendiri bisa dikatakan

41 Comments

  1. Jackysan @Jackysan Lombok
    January 23, 19:42 Reply

    saya pernah menggunakan w3 total cache.. selain fasilitasnya banyak, kelebihannya yang paling mumpuni adalah untuk membuat CDN dengan Subdomain nya langsung, sehingga mempercepat loading blog…

  2. Menggapai Impian
    January 28, 00:44 Reply

    kalau buat optimasi pada blogspot bisakah ?? dan bagaimana caranya.

Leave a Reply