Tips ampuh untuk optimasi Database


Database merupakan elemen penting dari sebuah web dinamis. Tentunya interaksi aplikasi web dengan database akan semakin berpengaruh ketika databasenya tidak teroptimasi dengan baik. Jika mengalami overhead, dan tabel-tabel yang kurang optimal, tentu akan mengurangi kinerja permintaan data dari aplikasi web. Sehingga perlu adanya upaya untuk optimasi database secara kontinu untuk meningkatkan performansi sebuah web. Tips optimasi database menjadi hal yang perlu untuk mengurangi efek dari optimasi database secara manual.

Jika berbicara mengenai optimasi database, akan terkait dengan Repair table, check table, optimize table. Sehingga untuk mengoptimasi database kita perlu melakukan repair table, check table, optimize table sesering mungkin. Dan jika hal ini dilakukan, maka setidaknya kita harus terus memantau keadaan database web, padahal tidak semua orang punya waktu untuk itu. Sehingga untuk bisa melakukan repair table, check table, optimize table sesering mungkin, perlu dijadwalkan secara otomatis.

Untuk bisa melakukan penjadwalan optimasi database pada Cpanel telah tersedia toolsnya, berikut tips dan triknya :

  1. Buka Cpanel Self-Hosting, kemudian cari  Cron Job, klik tools tersebut.
  2. Kemudian akan muncul beberapa pemilihan, setting pemilihan job pada pukul 00.00, seperti pada gambar berikut :
  3. cron job, Mysql

  4. Kemudian, pada kolom command masukkan perintah SQL sebagai berikut : mysqlcheck [options] --databases db_name1 [db_name2 db_name3...], ganti db_name1, db_name2, db_name3 dengan nama database yang akan di check. Jika cuman terdapat 1 database, maka bisa langsung menggunakan  : mysqlcheck [options] --databases db_name1. Untuk lebih lengkap perintah-perintah MYSQL, bisa dilihat di MYSQL reference.
  5. Jika sudah selesai, maka klik add new Cron Job. Maka di list job akan muncul job yang kita masukkan tadi.

[iklan]
Untuk setiap CPANEL bisa berbeda-beda tampilannaya. Tips dan trik ini bertujuan melakukan penjadwalan job pada CPANEL dengan di setting pada tengah malam dengan memasukkan command MYSQL. Hal itu dikarenakan eksekusi job ini akan memakan memory hosting sehingga cukup memberatkan, sehingga waktu tengah malam lebih tepat karena lebih sedikit yang mengakses web.

Sehingga kita tidak perlu repot-repot dalam melakukan optimasi database secara manual. Dan dengan sedikit tips dan trik optimasi database ini, setidaknya performansi database tetap terjaga. Kemudian akan berimbas pada perfomansi web.

Previous Trik plugin Subscriptions, memberitahu komentar via email
Next Trik gila menaikkan 1000 pengunjung lebih per hari

About author

afwan auliyar
afwan auliyar 172 posts

<p>Menggeluti dunia SEO sejak 2009 & internet marketing khusus nya FB ads, menjadikan tehnik untuk mengoptimasi trafik yang masuk ke website semakin lengkap. Sehingga, untuk meningkatkan trafik 1000 kunjungan per hari bukanlah hal yang mustahil.</p>

View all posts by this author →

You might also like

About Wordpress 35 Comments

Google Buzz, untuk wordpress

Google buzz, layanan google yang baru di rilis, ternyata mendapat perhatian dunia internet. Tidak menutup kemungkinan fitur-fitur google buzz akan bisa menjadi tools promosi social networking ala google. Salah satu

About Wordpress 45 Comments

Tips Optimasi All in One SEO plugin

Tentu plugin All in One SEO sudah menjadi plugin wajib bagi yang bergelut ria dengan SEO. Tidak banyak pula yang menyertakan plugin-plugin lain yang bisa mendongkrak kemampuan SEO blog. Setidaknya

About Wordpress 52 Comments

Tips menghapus page not found-error 404

Page not found atau error 404 merupakan kondisi dimana link URL yang dicari tidak ketemu. Hal itu bisa terjadi jikalau kita menghapus alamat URLnya ataupun mengganti permalink yang telah dibuat

44 Comments

  1. seo-drakula
    April 24, 11:49 Reply

    Kapan2 izin ngambil sumber tulisannya di sini ya mas…artikelnya bagus,sgt detil bgt..mksihh infonya…sgt membantu..:) lam kenal.lagi coba nulis tentang SEO dgn mengulasnya dengan bahasa yg lebih ringan …!!

Leave a Reply