Internet Marketing

posted on September 26th, 2009 by afwan auliyar @ tips Wordpress

Mengetahui lamanya waktu loading page sebuah website atau blog sudah menjadi keharusan yang dimiliki oleh pemilik website atau blog. Terlebih lagi, kecepatan loading page akan menentukan pageviews (lamanya waktu kunjungan) yang mengindikasikan bahwa pengunjung betah dan nyaman dengan blog kita yang terasa cepat ketika diakses. Untuk mempercepat loading page ternyata bisa dilakukan juga dengan tips berikut :

  1. Membersihkan pengkodean theme kita.
  2. Artinya apa ?!?, kita perlu mengecek ulang sistem pengkodean yang terdapat di blog/website kita. LEbih tepatnya membuang hal-hal yang tidak perlu, salah satunya adalah mengurangi query yang terdapat pada header dan footer. Mungkin yang saya contohkan adalah wordpress, namun prinsipnya adalah sama mengurangi banyaknya query yang terdapat pada keduanya. Untuk wordpress sendiri bisa di cek di header.php dan footer.php. Biasanya pada header.php terdapat ini :

    <html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" <?php language_attributes(); ?>>
    <head profile="http://gmpg.org/xfn/11">
    <meta http-equiv="Content-Type" content="
      <?php bloginfo('html_type'); ?>;
      charset=<?php bloginfo('charset'); ?>" />

    Dan itu sebenarnya bisa dirubah menjadi seperti ini :

    <html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml" dir="ltr">
    <head profile="http://gmpg.org/xfn/11">
    <meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=UTF-8" />

    Dari cara diatas, bisa juga dilakukan yang lainnya seperti mengubah stylesheet URl, pingback URl, feed URl, blogname menjadi statis tanpa perlu request ke database. Dan hal ini juga bisa dilakukan untuk footer seperti Rss feed URl, blogname, dll.

    Dengan mengurangi request ke database, bisa mempercepat loading page karena prosesnya tidak perlu 2 kali. Karena setiap kita mengakses halaman blog kita, request-request tersebut akan membebani dan akhirnya dapat mengurangi kecepatan loading.

  3. Menambahkan plugin “chace” untuk wordpress.
  4. Ya dengan plugin chace inisperti WP-super-chace, akan mempercepat loading page anda. Namun kelemahan dari plugin ini, adalah website/blog tersebut akan terlihat statis selama beberapa saat tergantung setting waktu yang dilakukan.

Yup, inilah tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mempercapat loading page versi 2, karena sebelumnya juga pernah saya ulas di mempercepat loading page 1. Jika dirasa perlu penambahan, silahkan tulis di komentar … :)


50 Responses to “Tips mempercepat loading page v.2”

[...] dua artikel sebelumnya, pernah dibahas yakni tentang tips mempercepat loading web 1 dan tips mempercepat loading web 2. Teknik yang digunakan disana sudah cukup untuk mewakili bagaimana menjadikan file kita terkompresi [...]

noe berkata :

Bagus2 nih keren juga artikelnya.

tmgcity berkata :

Artikel yang menarik Gan, kalau untuk plafont Blogspot ada ngga GAN? salam kenal persaudaraan :)

tomi berkata :

kalau pake wp super cache.. apakah gak sering crash broo?
soalnya dengarĀ² ada juga yang sering tidak senang memakai plugin tsb
.-= Baca juga blog tomi .. Lahirnya Adik tomipurba [dot] net =-.

faris berkata :

terima kasih tipsnya
.-= Baca juga blog faris .. FREE PR BACKLINK GENERATOR =-.

mel berkata :

thanks buat artikelnya..

cerita lucu berkata :

makasih gan infonya sangat bermanfaat… saya coba praktekin dulu soalnya load blog saya kayak siput …

Mureo berkata :

Saya coba dulu karna loading website saya lumayan lama :D

disuka berkata :

thaxs sob..

rendi gustimanda berkata :

makasih informasinya bro…

Loading page berat berkata :

Info yg bagus dengan sajian sederhana tapi tepat sasaran.

Info Toko@Surya62 berkata :

Terima kasih atas ilmunya, tentu aku tidak ketinggalan untuk ijin copas ya…

boleh copas, asal ada link back yang ke artikel ini aja

katanya kalo memakai wp super cache memberatkan juga ke server….betul tidak ituh gan ???

Leave a Reply
Blog ini menggunakan KeywordLuv, untuk mengoptimalkan keyword anda masukan : NamaAnda@keywordAnda, pada kolom Nama.


Top Keyword :


plugin.buat.godswar, http://www.afwan.net/tips-mempercepat-loading-page.html, mempercepat loading website, memperingan loading page mywapblog, olivepad trik mempercepat loading, cara mempercepat streeming page website, mempercepat load page opera, mempercepat loading page, memperbaiki loading page, mempercepat loadpage joomla, cara mempercepat website, cara mempercepat loading page, cara melihat ping Gods War, cara mempercepat website yang di tahan, tip mengurangi request ke database wordpress, cara mempersingkat reload web, mempercepat loading web dengan .httaccess, cara mempercepat page komik, mempercepat tampilan page, cara mempercepat loading ninjakita, download cara melihat ping godswar, tip dan trik mempercepat load halaman mozilla, cara percepat loading page mozila, cara meringankan wordpress, trik s60v2 cepat loading, cara mengurangi ping godwars, tips mengurangi query database, plugin mempercepat loading web yang aman, cara mempercepat loading page wordpress, wordpress mengurangi query database, tip terbaru mempercepat loding halaman di mozilla, meminimalkan queri wordpress, tip dan trik mempercepat load halaman di mozilla, Cara Mempercepat menggaksess wordpress, tip mempercepat loding sebuah website di mozilla, tip mempercepat loding halaman mozilla, mengurangi query wordpress, Cara cepat loding op, cara mempercepat loading godswar, 5 tips mempercepat loading website, tips dan trik loading page web,