Page not found atau error 404 merupakan kondisi dimana link URL yang dicari tidak ketemu. Hal itu bisa terjadi jikalau kita menghapus alamat URLnya ataupun mengganti permalink yang telah dibuat sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, halaman dari blog hanya akan memunculkan peringatan page not found saja. Dan bagi yang menggunakan mesin wordpress, dimana permalink menjadi alternatif untuk mengganti URl yang tidak search engine friendly, apabila kita mengubah permalink maka secara otomatis link-link URL blog kita akan berubah. Hal itu akan berimbas pada search engine yang sudah mengindex blog, akan mengarah kepada link-link yang mati, yang akan memunculkan error 404.

Ada tips-tips yang bisa digunakan untuk mencegah error 404 dari link yang berubah, berikut diantaranya :

  1. remove tool googleTips yang pertama, menghapus secara permanent URL yang sudah terindex oleh mesin pencari, dalam hal ini google karena saat ini google masih menjadi primadona search engine. Sehingga untuk menghapus URL yang sudah terindex google bisa menggunakan Google URL remove tool. Tentu untuk bisa menggunakan google remove tool harus login terlebih dahulu ke alamat gmail.
  2. Tips yang kedua, apabila blog bermesin wordpress, bisa menggunakan plugin pengalih URL seperti permalinks moved permanently. Dengan plugin dari wordpress yang satu ini, perubahan permalink yang dilakukan oleh wordpress akan diarahkan menuju alamat yang identik dengan tulisan yang terkait. Sehingga tidak memunculkan lagi pesan error 404 atau page not found.

[iklan]
Lalu apa pentingnya kita menghapus link yang mati atau error tersebut ?!?

Semakin banyak link yang error akan memperburuk citra blog. Sehingga akan mematikan teknik-teknik SEO yang sudah dibangun oleh ulah link yang mati atau error tersebut. Hal itu menjadikan pengunjung yang datang melalui search engine akan menemukan error 404.

Setidaknya tips ini mengurangi bahkan menghilangkan dampak dari page not found yang dikarenakan error 404 dimana alamat URL tidak tersedia. Dengan begitu, citra yang sudah lama dibangun, terlebih lagi indexing yang sudah teroptimalisasi baik melalui google maupun yang lainnya tidak hancur gara-gara ulah error 404 ini.

51 Thoughts on “Tips menghapus page not found-error 404

  1. saya pernah mengalami hal serupa, dimana web ketika mau pindah halaman muncul error 404 page not found.
    Akhirnya web diinstall ulang, ternyata ok

  2. terimakasih infonya,sudah saya praktekkan. . :)

  3. saya lagi mengalaminya skrg , tp error 404 nya ada pada (more…..) apakah sama solusi dgn cara yg di atas gan ?

  4. andri on March 20, 2011 at 01:23 said:

    makasih gan infonya

  5. Mas mau tanya kalau untuk sitemap blog yang mendapat list 1 url error bagaimana ya cara menanganinya
    terima kasih banyak sebelumnya

  6. Tips di atas kan untuk mencegah ya… kalau udah kejadian gimana mengatasinya? Thanks infonya..

  7. Farid on March 21, 2012 at 23:15 said:

    mas mo nanya.. server kami sering error 404 not found.. saya baca di beberapa artikel, ada beberapa penyebab.. salah satunya adalah koneksi internet pada server sedang down.. namun ketika melakukan ping, koneksi internet pada server aman2 saja, tapi pada saat diakses tetap muncul 404 not found.. biasanya error seperti ini terjadi dalam 10 menit bahkan pernah sampai 2 jam, setelah itu dia kembali normal dengan sendirinya.. mohon pencerahannya.. terima kasih sebelumnya..

    • klo dr bahasan yg di kemukakan, kemungkinan memang masalah jaringannya yg tidak stabil …..
      error 404 itu artinya tidak ada reply dr server terhadap permintaan browser, penyebabnya bemacam2 :
      1. koneksi nya
      2. servernya itu sendiri tidak stabil, artinya OS yg digunakan tidak stabil untuk digunakan sebagai server
      3. aplikasi webnya yang mungkin tidak stabil (ini jarang terjadi), biasanya terjadi ketika yg mengakses banyak dan akhirnya membuat server down (masalah ke 2)

  8. Bisa di aplikasikan di blog spot?

    Jakarta Hotel

  9. Thanks ya om atas tutorialnya.. membantu sekali :)

  10. Pingback: Tips menghapus page not found-error 404 | Blog Sae

Comment navigation

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Post Navigation